Apa yang Dilakukan Setelah Bleaching Gigi?

Apa yang Dilakukan Setelah Bleaching Gigi? - Adapun hal-hal yang harus diperhatikan setelah melakukan proses pemutihan gigi atau bleaching gigi, agar proses yang telah dijalani tersebut tidak sia-sia yaitu :

  1. Rutin memakai obat pemutih gigi yang dianjurkan oleh dokter gigi untuk pemakaian khusus di rumah (berbentuk gel)
  2. Rutin memakai bleaching tray (lapisan seperti plastic yang bentuknya mirip dengan gigi asli dan sesuai dengan ukuran gigi masing-masing pasien)
Apa yang Dilakukan Setelah Bleaching Gigi?
Apa yang Dilakukan Setelah Bleaching Gigi?


Gel pemutih gigi yang berkadar rendah dipakai terutama pada saat malam hari menjelang tidur sampai terbangun pada pagi hari, dengan syarat setelah gosok gigi malam dan tidak mengkonsumsi makanan atau minuman lagi kecuali air mineral

Selama 7 hari setelah melakukan proses pemutihan gigi, sangat dilarang untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang berwarna-warni, seperti :

Minum kopi
Mengkonsumsi kopi setelah memutihkan gigi adalah salah satu hal yang sangat tidak boleh dilakukan, karena meminum kopi dapat menyebabkan warna gigi menjadi kuning bahkan lambat laun akan berubah menjadi berwarna kehitaman pada gigi. Contohnya saja pada orang tua atau kakek nenek zaman dahulu yang sering sekali minum kopi, giginya akan terlihat lebih kuning bahkan menghitam dibandingkan dengan orang yang jarang sekali bahkan tidak pernah meminum kopi.


Merokok
Merokok setelah melakukan proses pemutihan gigi adalah hal yang sangat tidak dianjurkan bahkan dilarang. Karena di dalam rokok terdapat zat-zat yang dapat menyebabkan gigi menjadi rusak, bukan hanya pada warna gigi tetapi juga kesehatan gigi itu sendiri yang menjadi sangat rusak.

Minuman beralkohol atau anggur merah atau anggur putih
Meminum minuman yang beralkohol juga tidak diperbolehkan oleh para dokter gigi untuk pasien yang telah melakukan proses pemutihan gigi, karena akan menyebabkan warna gigi menjadi kembali menguning bahkan dapat membahayakan kesehatan gigi dan gusi.

Minum minuman bersoda
Seperti halnya meminum minuman beralkohol, meminum minuman yang bersoda terutama soda yang berwarna-warni juga dapat merusak warna putih gigi setelah dibleaching.

Memakan makanan yang berwarna-warni
Ciri khas dari masakan Indonesia adalah makanan yang berkuah yang berwarna-warni dan yang mengandung rempah-rempah yang sangat terasa. Contohnya saja seperti rawon dan soto. Namun, perlu kita ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang berwarna-warni seperti rawon dan soto dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Oleh karena itu, pada umumnya dokter gigi akan menyarankan pada pasiennya setelah melakukan proses pemutihan gigi untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut agar giginya tidak menguning kembali warnanya.

Memakan makanan yang terbuat dari kacang kedelai
Di wilayah asia terutama Indonesia dan jepang, sangat banyak dihasilkan makanan olahan yang terbuat dari kacang kedelai. Namun ternyata warna hitam yang dihasilkan dari kacang kedelai pada kecap asin dan kecap manis dapat menyebabkan warna gigi menjadi lebih gelap. (Bleaching Gigi)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar